Phpspreadsheet-3

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas setCellValue, getColumnDimension dan setAutoSize. Perintah yang akan dibahas kembali mengenai setAutoSize yang bertujuan untuk mengatur lebar kolom yang otomatis, namun terkadang kita perlu pengaturan lebar yang yang berbeda antar kolom ketika melakukan proses impor data di mysql ke excel. Pada artikel ini kita akan mencoba mengatur kolom dengan lebar yang berbeda-beda sesuai kebutuhan dan juga melakukan merge cell dan pengaturan rata teks secara vertikal dan juga horizontal.

Lebar Kolom

Ketika kita akan mengatur lebar kolom yang berbeda maka kita dapat menggunakan perintah setWidht(ukuran lebar, satuan ukuran), satuan ukuran yang dapat digunakan yaitu pt (point), px (pixel), pc (pica), in (inchi), cm (centimeters) dan mm (milimeters), contohnya sesWidth(30,’pt’).

Merge Cell

Untuk perintah merge cell, perintah mergeCells(Alamat Range), misalkan kita akan membuat tabel rekap nilai siswa, untuk nomor urut menggunakan range A3:A4, maka penggabungan kedua cell tersebut merCells(A3:A4).

Rata Teks

Seperti biasa ketika membuat header tabel, terkadang kita mengatur rata teks agar terlihat rapi. untuk mengolah teks dengan phpspreadsheet kita dapat menggunakan perintah getStyle(Alamat Cell), getAlignment, setVertikal dan setHorizontal. Untuk lebih jelas kita buat simulasi pembuatan header tabel seperti output di bawah ini

diawali dengan pemanggilan library dan pembuatan set aktif

proses penggabungan beberapa kolom dan baris (merge cell), seperti A1:H1 untuk menulis REKAP NILAI SISWA. Serta pengaturan lebar kolom untuk kolom A diatur lebarnya otomatis, untuk kolom B sampai kolom G diatur sesuai kebutuhan.

mengatur perataan teks

Sekian dan semoga bermanfaat.